Tuesday, November 14, 2017

Perbedaan INNER JOIN, LEFT JOIN Dan RIGHT JOIN Pada SQL

Perbedaan INNER JOIN, LEFT JOIN Dan RIGHT JOIN Pada SQL

Hallo. Untuk tutorial saya kali ini saya ingin membagi pengetahuan tentang perbedaan perintah SQL LEFT JOIN, RIGHT JOIN dan INNER JOIN. Untuk fungsinya sendiri pasti kalian sudah paham ya. Perintah JOIN dalam SQL digunakan untuk menampilkan data pada table yang saling berhubungan atau berelasi. Artinya kita dapat menampilkan data dalam beberapa table hanya dengan satu kali perintah. Oke, sekarang saya akan mempraktekan semuanya.
Pertama saya akan membuat database di phpMyAdmin, dengan nama join_db. Kemudian saya membuat 2 table:
kota
propinsi
Kemudian saya menggunakan fasilitas SQL untuk menulis perintah SQL yang akan menampilkan data-data dalam 2 table tersebut.
Nah, pertama saya akan menggunakan INNER JOIN.
Perintah ON kota.id_propinsi = propinsi.id, berarti akan menampilkan data-data yang mempunyai nilai sama antara id_propinsi pada table kota dan id pada table propinsi. Yang artinya data tersebut berelasi.
Di sini terlihat, hanya data-data yang mempunyai nilai sama antara id_propinsi pada table kota dan id pada table propinsi yang tampil.
Sekarang saya menggunakan LEFT JOIN.
Berbeda dengan INNER JOIN, LEFT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun pada table propinsi (table kiri), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL.
Terakhir saya menggunakan RIGHT JOIN.
Sama dengan LEFT JOIN, RIGHT JOIN akan menampilkan data-data yang tidak berelasi. Namun kebalikan dari LEFT JOIN, pada table kota (table kanan), data yg tidak berelasi akan bernilai NULL.
Namun demikian, sebenarnya penggunaan ketiganya tidak terlalu dipersoalkan apakah ingin menggunakan INNER JOIN, LEFT JOIN dan RIGHT JOIN. Intinya sering mencoba dan terus menemukan hal-hal baru dalam membangun sebuah website. Thank you. 

No comments:

Membuat Thumbnail Gambar

Tutorial Pentingnya Membuat Thumbnail Gambar Pada Website dengan PHP (Source Code)    Print this page Tutorial Membuat Thumbnail G...